CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 02 Oktober 2012

Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dilakkan oleh pemerintah untuk mendapatkan dana-dana untk membelanjakan dananya tersebut dalam rangka pembangunan.
Kebijakan fiskal bekaitan dengan peneimaan atau pengelaran negara. Kebijakan fiskal sama dengan kebijakan moneter untuk mengatr jumlah uang yang beredar. Namun kebijakan fiskal lebih menekankan pada pengatran pendapatan dan belanja pemerintah. Instmen kebijakan fiskal adalah penerimaan dan pengelaran pemerintah yang berhubungan erat dengan pajak. Jika pajak menurun maka daya beli masyarakat akan meningkat dan industri dapat meningkatkan jmlah output.Jika meningkat akan menrunkan daya beli masyarakat serta menurunkan output industri secara umum.
Negara Indonesia sedang dilanda krisis ekonomi sejak beberapa tahun yang lalu. Diamana tingginya laju inflasi yang tinggi. Dampaknya yaitu penurunan tabunganberkrangnya investasi,semakin banyak modal yang dilarikan ke lar negri,terhambatnya pertumbuhan ekonomi.Meski sebenarnya terjadi peningkatan penerimaan,namn ternyata besarnya peningkatan penerimaan masih jauh lebih rendah dibanding peningkatan pengelaran.Dari semua unsr APBN hanya pembelajaan/pengeluaran negara dan pajak yang dapat diatur pleh pemerintah dengan kebijakan fiskal. Contoh kebijakan fiskal apabila perekonomian nasional mengalami inflasi pemerintah dapat mengurangi kelebihan permintaan masyarakat dengan cara memperkecil pembelanjaan atau menaikkan pajak agar tercipta kestabilan lagi.

http://karimahpatryani.wordpress.com/2011/05/15/kebijakan-fiskal/
http://apasihmaumu.blogspot.com/2012/06/kebijakan-fiskal.html#!/2012/06/kebijakan-fiskal.html
http://organisasi.org/definisi-pengertian-kebijakan-moneter-dan-kebijakan-fiskal-instrumen-serta-penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar